SILAHKAN DI KLIK………….

Cahaya dalam interior berfungsi sebagai penerangan. Namun cahaya juga dapat berfungsi sebagai elemen aksesori untuk menambah nilai lebih sebuah rungan atau objek dengan pengatuaran tertentu.

Secara umum fungsi cahaya dapat dibagi menjadi tiga sebagai berikut :

– General Lighting adalah penerangan yang ditujukan untuk menerangi keseluruhan ruang.Sifat cahayanya menyebar merata keseluruh rungan.


– Task Lighting adalah penerangan yang bersifat menunjang ke aktivitas khusus/ tertentu seperti belajar ,membaca, menjahit


– Decorative Lighting adalah penerangan yang sifatnya membangkitkan efek dramatis pada objek tertentu.Biasanya objek itu adalah elemen interior yang mempunyai kesan khusus,seperti lukisan,gerabah, benda kriya atau elemen estetis lainnya.



Untuk ruang tidur, pengaplikasinnya cahaya sangat potensial tidak hanya sebagai elemen penerang ruang saja, tetapi juga menambah kesan psikologis rung tidur sebagai ruang yang dapat mengakomodasikan kebetuhan pribadi dari penghuninya. Lampu hias merupakan satu factor yang penting dalam desain kamar tidur. Kenyamanan yang ditawarkan eohe cahaya yang lembut ini pasti akan membuat lebih nyaman dan anda betah berlama- lama disana.Adapun cahaya yang berwarna warni lembut bisa menambah kesab futuristic kekamar tidur.Menggunakan lampu sorot kecil untuk menyoroti furniture seperti pintu lemari atau foto juga akan membisa menambah kesan mewah pada ruangan anda.Jika anda sulit mendapatkan lampu dengan efek – efek tertentu,anda bisa menjatuhkan pada pilihan yang aman yaitu cahaya lampu yang putih.Cahaya ini sangat cocok untuk digunakan di kamar tidur yang berkonsep minimalis.

Pengaplikasiannya desain indirect lighting dari drop plafond memberikan kesan dramatis,tetapi sederhana sesuai dengan ukuran- ukuran ruang. Anda bisa menambahkan ornament cermin pada dinding agar permainan cahaya dapat terpantul dengan manis dan kesan luas akan tercipta. Cermin besar dapat merefleksikan cahaya keseluruh rungan.

Selain itu,kehadiran cermin juga merefleksikan cahaya alami atau cahaya buatan untuk membuat ruangan tersebut terlihat lebih terang,baik siang maupun malam. Akan lebih efektif lagi jika cermin diletakan dekat jendela,sehingga view dari luar rungan tertangkap. Pemandangan ini akan terlihat begitu indah saat istirahat siang anda. Desain seperti ini cocok diaplikasikan pada rungan yang luasannya cukup terbatas.