SILAHKAN DI KLIK……..

Ruang tidur adalah tempat paling privat di dalam rumah. Di sinilah pemilik rumah melepas kepenatan fisik, pikiran, dan emosi. Itulah sebabnya ruang tidur adalah tempat yang paling sering di desain secara khusus. Prinsip utama sebuah ruang tidur haruslah nyaman dan memberikan ketenangan. Ruang tidur harus memenuhi dua fungsi utamanya yaitu :

– Fungsi fisik, ruang tidur dapat menjadi tempat untuk mengakomodasi segala macam barang dan kegiatan penghuni rumah yang sifatnya sangat privat.


– Fungsi psikologis, ruang tidur diharapkan menjadi tempat yang dapat memberi kenyamanan optimal ketika penghuni benar-benar membutuhkan istirahat.

sas

Oleh sebab itu, desain ruang tidur dirancang dengan menggunakan elemen interior yang menenangkan, misalnya dari segi warna dipilih warna-warna pastel atau warna natural.

Jika rumah anda tergolong mungil dengan luas ruang yang terbatas, ada baiknya mengaplikasikan warna cat cerah atau terang pada ruangan tersebut. Warna-warna yang terang akan memberikan kesan bersih, lapang, dan luas. Namun, yang harus diingat adalah penggunaan warna terang ini sebaiknya pada ruang-ruang public yang secara fungsional diperuntukan sesuatu yang umum, seperti living room, ruang tamu, ruang makan, dan sejenisnya.


Jika sudah masuk ke ruangan yang lebih pribadi sebaiknya anda bermain dengan warna yang disukai. Contohnya, anda tidak bisa memaksakan untuk mewarnai kamar anda ataupun buah hati dengan warna yang terang karena belum tentu mereka menyukainya.


Namun, pemilihan warna inipun harus diperhatikan dan dipertimbangkan dengan jeli agar tidak berakhir dengan penggunaan warna-warna yang “teduh”- seperti warna ungu, biru muda, hijau, turquoise, silver, dan krem misalnya karena warna-warna teduh akan membuat kemauan belajar anak anda menjadi berkurang.